Saturday, 14 January 2017

review jasa pengiriman (ekspedisi) J&T Express

Dear J&T Express......
ini adalah review kekecewaan customer terhadap pelayanan jasa pengiriman kurir J&T.

1. Pengalaman merasakan pengiriman yang paling lambat yang pernah saya gunakan 


hal ini terjadi saat teman saya mengirimkan makanan berupa bolu napoleon dari medan ke tempat saya di bandar lampung tanggal 09/01/2017 tepatnya pada jam 16.30.
namun saya menunggu hingga tanggal 13/01/2017 jam 15.30. paket saya belum juga tiba di alamat kosan teman saya (karna saya mengirim ke alamatnya dan atas nama teman saya). di pagi hari saya mengecek nomer resi saya dan tertera bahwa tanggal 12/01/2017  barang sudah sampai di tujuan bandar lampung pukul 16.42. Saya langsung menelpon pihak call center pusat j&t kenapa barang saya belum sampai di alamat saya padahal sudah sampai di bandar lampung. saya komplain mengapa barang 5 hari (terhitung tanggal 9 hari senin sampai tanggal 13) tidak juga sampai di alamat yang tertera. saya mencoba membuka resi yang dikirimkan teman saya dari medan bahwa alamat yang tertera sudah sangat jelas. setelah berbicara kepada salah seorang dari call center ia juga berkata seharusnya barang sudah tiba dalam aktu 2 hari, dan kemudian ia menyambungkan ke bagian keluhan pelanggan. bagian tersebut menyarankan untuk saya menunggu paket saya sampai jam 8 malam padahal itu adalah makanan yang notabene tidak tahan lama. saran lain dari bagian keluhan pelanggan adalah jika barang tersebut tidak layak dikonsumsi maka akan diklaim kembali dan diberitahukan. karna saya berfikir itu waktu pengiriman ke alamat tujuan sangat lama maka saya berusaha untuk menelfon ke cabang j&t bandar lampung, dengan segera mereka mencari barang saya lalu dikirimkan ke alamat yang tertera.
yang saya bingungkan adalah mengapa barang ini tidak dikirimkan sejak pagi hari? padahal jarak anatara cabang j&t tidak jauh dari alamat yang tertera. setelah kurirnya tiba, saya membuka barang tersebut dan ternyata makanan tersebut sudah tidak layak untuk dikonsumsi (busuk).



kurir yang mengahantarkan barang (kurir wilayah kedaton) langsung menyuruh saya untuk komplain langsung ke j&t. saya bertanya bahwa apakah tidak ada kebijakan untuk mendahulukan makanan diantar terlebih dahulu dibandingkan barang lainnya? ia menjawab "ada", menurut kurir pengirim wilayah kedaton ini, salah satu dari kurir pengantar barang yang lain sebenarnya sudah membawa paket tersebut pada pagi hari tanggal 13/01/2017 namun tidak dikirimkan ke alamat. setelah kembali ke kantor kurir tersebut malah meletakkan kembali barang tersebut di kantor. saya juga mengecek kembali resi yang saya terima, disitu tertulis jelas produk di dalam adalah makanan dan ada tulisan URGENT!!! Tolong Dibantu.


namun mengapa barang sudah ditulis seperti itu tidak didahulukan pengirimannya? itulah sebabnya mengapa saya sangat heran barang saya tidak sampai pada pagi hari di alamat yang tertera.
saya memilih untuk langsung komplain saat itu ke kantor bandar lampung dan mereka segera megkonfirmasi ke daerah medan. padahal awalnya pihak keluhan pelanggan sudah memberitahu bahwa jika barang yang tiba di alamat tujuan, sudah tidak layak dikonsumsi kembali maka saya disuruh untuk menghubungi kembali pihak keluhan pelanggan. ternyata setelah di hubungi kembali dengan nomor yang sama, saya harus mengulang-ulang menceritakan kembali awal pembicaraan saat komplain. padahal waktu hanya berlalu 30 menit dari sejak saya menelfon kenapa barang saya belum juga sampai di alamat. menurut saya ini bentuk ketidaknyamanan pelanggan yang diperoleh saat mencoba menghubungi ke bagian keluhan pelanggan/ tidak stand by. saya tidak tahu apa karena alasannya yang mengangkat telfon adalah orang-orang yang berbeda yang jelas 2 kali saya menelpon kembali saya harus menceritakan ulang kejadiannya. padahal di awal pihak keluhan pelanggan berkata ini akan diproses dan tetap aktifkan hpnya.

2. konfirmasi barang pengiriman

saya lumayan bingung dengan standar operasi pelayanan dari j&T, menurut konfirmasi dari pihak medan yang menerima paket tersebut bahwa ia sudah menginformasikan kepada pengirim paket makanan yang diterima hanya yang bertahan 4-5 hari saja dan tidak baik/tidak sopan untuk menolak calon si pengirim . pertanyaan saya adalah mengapa saat akan dikirim barang yang katanya tidak memenuhi standar SOP mereka tetap bersedia diterima dan dikirimkan atau kenapa tidak menolak saja? alasannya yang saya dengar dari klarifikasi pihak j&t medan adalah karena dari si pengirim tetap mengirim walaupun sudah diinformasikan. menurut teman saya pihak j&t yang menerima pengiriman barang tersebut juga mengatakan 2 hari barang akan sampai jika tidak ada kendala dalam pengiriman. pernyataan ini diperkuat saat saya pertama menelfon call center tentang barang saya yang belum tiba, dia juga menyatakan seharusnya 2 hari sudah terkirim, saat itu saya tidak salah mendengarkan percakapan di telfon karena teman saya juga mendengarkannya. namun d kantor bandar lampung yang langsung saya temui menurutnya 2 hari tidak mungkin sampai (ini merupakan bentuk ketidakkonsistenan). Di kotak makanan tersebut sebenarnya masa expirednya tanggal 13/01/2017. secara logika jikalau tiba 2-3 hari atau berkisar paling lama tiba tanggal 12/01/2017 seperti yang disampaikan saat mengirim seharusnya produk tersebut masih bisa dikonsumsi dan tidak dalam masa expired (kenyataan diterima penerima saat sudah tanggal expired).

3. Jadwal Pengiriman

saya mengecek di bagian tracking terlihat bahwa, taggal 9/01/2017 pukul 19.29 barang sudah tiba di gateway medan, dan pada tanggal 10/01/2017 pukul 00.53 barang sudah dikirim ke gateway jakarta.  pukul 22.23 tiba di gateway jakarta. keesokan tanggal 11/01/2017 pukul 06.50 oleh gateway jakarta dikirimkan ke tangerang jam 15.40. tanggal 12/01/2017 barang dikirim dari tangerang ke gateway tanjung karang. dan siangnya pukul 14.53 dikirim k bandar lampung dan tiba di bandar lampung jam 16.42. dari jadwal ini saya menyimpulkan bahwa pengiriman J&T sangat sangat lambat. bagaimana barang akan sampai dalam waktu 2-3 hari jika dihari ke 2 masih medan menuju jakarta, hari ke 3 di tangerang, dan esoknya baru dikirim ke lampung dan tiba di bandar lampung kota sangat sore. dan alasan sudah sore pukul 16.42 itulah yang membuat kurir bandar lampung tidak mengirimkan barang pada tanggal 12/01/2017. seharusnya tanggal 13/01/2017 pagi hari barang sudah bisa saya terima bukan???? namun ternyata belum diterima juga dan setelah komplain dan desakan di telfon agar barang di kirim ke alamat segera, barulah kurir mengantarkannya kembali ke alamat jam 16.30. tidak hanya itu saya mengecek kembali tracking saya, dan jelas tertera bahwa jam 8.50 sprinter bandar lampung sedang mengirimkannya, namun sampai sore (sebelum di telfon) belum tiba. Apakah ini yang dinamakan pengiriman EXPRESS????



4. Membandingkan dengan jasa pengiriman lainnya

saya baru sekali merasakan pengiriman dari j&t namun ternyata pengirimannya mengecewakan seperti ini. harga tarif yang dibayarkan saya rasa tidak sesuai dengan proses pengiriman barang. tarif pengiriman barang dari medan ke bandar lampung sebesar 26.000 rupiah, dan pengiriman tiba 4-5 hari. sementara di layanan pengiriman lainnya (kompetitornya) tarif yang sama memiliki estimasi pengiriman 2-3 hari. Bagaimana j&t bisa menyaingi kompetitornya jika pengirimannya begini??? pengiriman dengan estimasi waktu yang berbeda dan dengan biaya yang sama??? sebenarnya saya sudah membandingkan dengan pengiriman barang yang sama (makanan : bolu) dan ke tujuan yang sama (bandar Lampung) dengan kompetitornya. kompetitornya adalah JNE. pada saat pengiriman dengan JNE barang sudah saya terima 2  hari dan dalam kondisi yang baik (layak konsumsi) serta di atas paket tertera tulisan, "segera dikirimkan dan tolong didahulukan". sehingga menurut saya barang tersebut dapat sampai tepat waktu. Pengiriman ini dibandingkan dengan jasa pengiriman JNE dalam waktu normal (tidak pada pengiriman akhir tahun atau hari raya yang pengirimannya membludak). Apakah j&t tidak memiliki kebijakan khusus untuk pengiriman makanan??? saya hanya berfikir untuk jasa pengiriman makanan saja j&t memberikan estimasi waktu 4-5 hari (menurut keterangan kurir, SOP makanan yang dikirim harus dapat bertahan 5 hari), lalu bagaimana dengan pengiriman barang non makanan? bayangkan jika customer adalah seorang online shop mungkin barang sudah ditagih jika 3 hari tidak sampai tujuan.

saya tidak menuntut apapun untuk ganti rugi untuk produk tersebut karena memang harganya terbilang tidak begitu mahal, namun saya cukup KECEWA dengan pelayanan J&T yang sangat lambat. jika produk tersebut bukanlah makanan mungkin saya tidak akan memberikan review seperti ini karena barang non makanan tidak akan busuk.

berikut saya sertakan juga beberapa customer yang mengalami hal ketidaknyamanan dengan ekspedisi J&T Express..




saran saya hanyalah,
jika ingin menyaingi kompetitor jasa pengiriman lainnya, tolong diperbaiki pelayananannya. PENGGUNA JASA PENGIRIMAN ADALAH CUSTOMER, jika anda tidak memberikan pelayanan yang baik maka kesan terhadap pelayanan anda juga akan dianggap buruk. Customer menjadi tidak loyal dengan jasa yang anda tawarkan atau bahkan review costomer yang kecewa dengan jasa yang diterimanya akan dipertimbangkan oleh customer lainnya.

79 comments:

  1. Sejauh ini sy puas sih pakai j&t, krn sudah termasuk cepat bgt pengirimannya, banget malah..pakai jne kirim ke rumah bisa sampai 5hari sedangkan j&t hanya 2 hari, sama2 dari jakarta misalnya, tarif lebih mahal jne..
    sy jg onlineshop biasa kirim luar pulau/kota, kesimpulan estimasi kirim sejauh ini sehari seprovinsi, 2hari klo sepulau, 3hari klo luar pulau/jauh sekali..
    Tp yg namanya kendala di jalan pasti harus dipikirkan jg sebelum kirim, itu sudah ada peraturan paling tidak tahan 4-5 hari knp ga dipatuhin, kan sapa tau di jalan ada apa2 atau kondisi cuaca ngga mendukung penerbangan..
    Yg hrs disadari, yg kirim kan jg manusia, mobilitas dan akomodasi jg terbatas, ngga cm j&t, ekspedisi lain pun jg begitu, bersyukur aja kita sudah dibantu kirim..

    ReplyDelete
    Replies
    1. 2hari klo sepulau, ya bandar lampung medan itu sama" d pulau sumatra loh sist.. siapa yg ga patuhin 4-5 hari? jelas" barang yang dikirim itu expirednya 5 hari loh dr pertama d beli tgl 9 dan langsung dikirim hari itu juga, expired d kotak tgl 13, ya kalau 4 hari juga harusnya sampai tgl 12 kan?.. selain itu kalau biasanya saya d jne, jika barang ga masuk sop biasanya d tolak karna beresiko. ini d jnt bukannya d beritahu sop barang malah d janjikan bakal sampai 2 hari hahaha.. bersyukur aja kita sudah dibantu kirim? kita bayarr loh sista bukan gratis ya jelas harus d bantu kirim..dan alhasil saya rugi 2 kali, rugi ongkir, rugi barang saya samapi dalam keadaan busuk dan tidak ada penggantian barang.. maaf banget loh ini kalo ini beda pendapat.. intinya udah banyak tuh yg komen sama pelayanan jnt bukan hanya saya makanya saya juga cantumin beberapa keluhan.. terimakasih banyak komentarnya..

      Delete
    2. saya sudah bayar jasa mereka dengan ongkos kirim sesuai keinginan mereka (ibaratnya kaya gaji deh), tapi pelayanan yang diberikan malah minim banget (ibaratnya kerja uring-uringan. gimana ga uring"an barang saya udah d bawa pagi bukannya d anterin eh malah di balikin lagi k kantor), terus saya di suruh bersyukur karna sudah dibantu kirim???

      Delete
    3. saya tidak tahu apakah yang komen ini serius atau tidak. Saya mengalami kendala yg tidak mengenakkan memakai layanan j&t. Dan di tulisan ini menyatakan bahwa antara pernyataan cs dengan kenyataan tidak sesuai. Begitulah yang saya alami. ini telah 3 hari barang dikirim ke Jakarta dari Jogja belum sampai juga! Barang tidak urgent sih, tetapi di status pengecekan barang telah sampai di kecamatan penerima namun kenapa tidak segera di antar??? Apakah kurir males? haha saya lebih suka kalau perusahaan ini segera berakhir saja lah daripada menyebar janji2 palsu demi mendapat pelanggan.

      Delete
    4. benar banget.PELAYANAN J&T JAUH BANGET DARI KATA EXPRESS. paket saya dari batam tujuan ke banda aceh belum sampai,hingga skrg.sudah 2minggu lebih.ini kali prtama dan terakr pakai ekspedisi ini. masih jauh lebih enak pake jne.saya dari 5tahun yglalu olshop, pake jne dari bandung ke banda aceh aja paling telat 4hari sdh sampai.ini 2minggu jg blm ada kejelasan. andai kata jnt guling tikar, gw bakal bikin hajatan

      Delete
    5. cuma pos yang juara, bisa di coba memang dulu sebelum munculya pesaing memang pos agak tertidur tapi sekarang menurut saya sudah sangat baik dan terus berbenah , sebenernya untuk tujuan tertentu kiriman yang lain juga memakai jasa pos, karena jaringan pos yang ada di seluruh tempat di indonesia

      Delete
    6. Saya beli paket dngn ekspedisi j&t sesama Jakarta 3 hari blm sampai, pdhal paket yg lain pake jne 1 hari sampai lohhh

      Delete
    7. Awal2 pake jnt mah enak, klo barang mau dikirim ditelp dlu, ditanyain ada dirunah ato gk, klo gk jelas lokasinya ditanya dlu, nah skrg pengirimannya makin jelek, brg yg harus nya nyampe 4 hari jadi seminggu lebih, yg herannya skrg tambah banyak aja gerai jnt tumbuh tpi pelayanan gtu2 aja.. Klo sistanya blg bersyukur brg kita ada yg bantu kirimin? Hellow sist, kita bayar keles, ya wajarlah kita nuntut dilayani sebaik mngkin klo dibantu gratis ma baru bersyukur..kapok pake jnt mending cari yg lain aja..

      Delete
  2. Saya baru pertama kali menggunakan ekapedisi jnt....ternyata hasil sangat mengecewakan. Saya mengirim barang beruba baju dan makanan dari madiun ke ambon. Barang banyak yg hilang....paketan kami d bongkar... kerdusx pun di ganti. Packingan berantakan padahal kami packing sangat rapi. Kami bukan mempermasalahkan harga barangx tapi kejujuran karyawannya. Mohon pihak jnt menindak lanjuti keluhan2 kami. Terima kasih.

    ReplyDelete
    Replies
    1. setuju!!! Sepertinya harga komplain (usaha dan harapan) pelanggan terlalu mahal untuk hanya disia-siakan bicara dengan cs yg selalu mengulang2 pertanyaan dari cs satu ke cs lain. Payah dah. Masa tidak bisa memberikan nomor komplain sehingga tdk harus mengulang2 pertanyaan dari cs lain sbelumnya

      Delete
  3. Saya salah satu korbanya nya j&t , pesanan dari tanggal 2juni hingga 9juni ini belom sampai terahkir track recordnya di gudang j&t, saya sudah hub via cs dan berlanjut ke cabang pluit j&t, masih saja belom ada solusi, padahal pengiriman dari bekasi ke jakut, saya merasa terbodohkan untuk hal ini, biasanya saya pakai jne atau tiki, padahal itu urusan kantor ujung ujungnya saya juga yg kena getahnya, fuuuh ngga lagi lagi pakai j&t xxxpret, ntah kapan paket doc pershn akan sampai

    ReplyDelete
    Replies
    1. setuju. Mari kita doakan perusahaan ini segera bangkrut saja. Kita sambil tunjukkan ke pelanggan jasa ekspedisi lain supaya jangan pindah ke jnt. Muak lah dengan layanannya yg tidak profesional dan terkesan malas2an

      Delete
  4. This comment has been removed by the author.

    ReplyDelete
  5. ini saya alami juga menggunakan jasa J&T express untuk mengantarkan makanan.. saya menggunakan jastip makuta bandung dikirim oleh pihak jastip sejak tgl 8 juni 2017 dan sampai detik ini paket berisi 3box makuta belum sampai kerumah saya.. sudah ditracking seharusnya tgl 10 barang sudah dibawa oleh kurir cabang durensawit jaktim.. tp sampai dengan tgl 12 juni 2017 belum ada kabar.. saya komplain ulang jawaban sangat mengecewakan.. alasannya alamat tidak ketemu dan jam operasional pengantaran sudah habis sehingga paket dibawa kembali oleh kurir ke kantor cabang.. loh kok aneh yaa.. knp tidak ada tlp ke hp saya padahal jelas disana tertera no hp saya klo memang tidak bisa menemukan alamat saya.. ini pengalaman paling mengecewakan..sudah pasti paket saya yang berisi makanan busuk karna tdk kunjung sampai..

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya, jgn2 disengaja supaya pelanggan menjemput barang sendiri di kantor cabangnya. Kan kalo diitung2 hemat ongkir juga sih bagi kurir nya hehe...

      Delete
    2. This comment has been removed by a blog administrator.

      Delete
  6. Joss.. Semoga tulisan seperti ini segera dibuat oleh pelanggan2 lain yg dikecewakan oleh layanan jnt ini. Sama sekali tidak ada untungnya menggunakan jasa ini. Dilihat dari biaya kiriman hanya selisih 2 ribu aja dengan ekspedisi sekelas jne. Wahana pun jauh lebih murah. Lha ini jnt baru seumur jagung aja sudah ambisi mau ngalahin jne tiki hahahahaha

    ReplyDelete
  7. awalnya baik2 aja pake J&T, tapi terakhir pake dari Depok Ke Belitung dikirim dari Jakarta 12 Juni 19.38 sampai hari ini 16 Juni 09.03 statusnya masih tidak berubah (JKT Gateway dikirim ke TJQ Gateway). Setiap komplain jawabannya selalu dalam pengiriman. Telpon call centernya juga tidak bisa untuk komplain. Dan saya baru menyadari kalau email customer carenya masih menggunakan gmail..

    ReplyDelete
  8. pake TKD express aja gan...lebih cepat aman...

    ReplyDelete
  9. j&t spertinya telalu santai, mreka kelabakan terutama ini mau lebaran jadi pasti bnyk yg kirim2 dan cari jasa kurir alternatif, akhirnya bnyk yg pilih kurir lain salah satunya j&t ini

    ReplyDelete
  10. jet express aja gan lebih murah dan aman

    ReplyDelete
  11. Saya juga kecewa banget pake J&T embel2nya doang Express tapi pengirimannya sama sekali ga Express. Paket saya isinya tas dikirim tgl 5 Juli 2017 pas ditrack keterangan Bandung Gagal Pickup padahal paket tujuan Jakarta ke Jakarta juga. Tanggal 6-nya saya cek lagi ternyata baru di terima oleh perwakilan J&T jam 20:49, Tanggal 7 Juli hari ini saya cek baru dikirim ke JKT Gateway jam 11 siang dan sampai saat ini belum juga sampai di JKT Gateway. Terhitung dari tanggal 5 Juli, sudah 3 hari paket belum saya terima. Padahal sesama Jakarta. Biasanya pakai expedisi lain JNE, Tiki, dan Sicepat sehari atau paling lambatnya 2 hari paket sudah saya terima. Sistem pengirimannya juga gak jelas, seharusnya sih menurut saya bisa aja tanggal 6 paket saya sudah sampai di Droppoint terdekat, tapi tanggal 6 baru di terima oleh perwakilan J&Tnya. Apa gak malas tuh namanya karyawannya? Bener-bener kecewa pakai J&T, ini pertama dan terakhir kalinya saya pakai J&T

    ReplyDelete
  12. Saya juga kecewa banget pake J&T embel2nya doang Express tapi pengirimannya sama sekali ga Express. Paket saya isinya tas dikirim tgl 5 Juli 2017 pas ditrack keterangan Bandung Gagal Pickup padahal paket tujuan Jakarta ke Jakarta juga. Tanggal 6-nya saya cek lagi ternyata baru di terima oleh perwakilan J&T jam 20:49, Tanggal 7 Juli hari ini saya cek baru dikirim ke JKT Gateway jam 11 siang dan sampai saat ini belum juga sampai di JKT Gateway. Terhitung dari tanggal 5 Juli, sudah 3 hari paket belum saya terima. Padahal sesama Jakarta. Biasanya pakai expedisi lain JNE, Tiki, dan Sicepat sehari atau paling lambatnya 2 hari paket sudah saya terima. Sistem pengirimannya juga gak jelas, seharusnya sih menurut saya bisa aja tanggal 6 paket saya sudah sampai di Droppoint terdekat, tapi tanggal 6 baru di terima oleh perwakilan J&Tnya. Apa gak malas tuh namanya karyawannya? Bener-bener kecewa pakai J&T, ini pertama dan terakhir kalinya saya pakai J&T

    ReplyDelete
  13. This comment has been removed by the author.

    ReplyDelete
  14. halo, mau ikut sharing. Gua sempet pake jasa viabox buat kirim barang, respon dari mereka cepet banget, super memuaskan, dan barang sampai tujuan dengan selamat tanpa kerusakan

    ReplyDelete
  15. Mas tolong cek in resi 888043801733 udah sampe mana

    ReplyDelete
  16. Punya saya pengiriman tgl 2 sep dari batam ke gorontalo. Smpai tgl 5 sep status masih "telah sampai di bth_gateway", lalu sy coba telp call center dan mereka sdh coba 'maksimalkan' pengiriman.
    Di tgl 6 sep siang siang status sdh berubah brg dikirim jkt. Dan tgl 7 sep berubah lagi "telah tiba di jkt_gateway" lalu siangnya menjadi "dikirim ke gto_gateway". Sy pikir mungkin hari ini 8 sep brg sdh tiba di gorontalo, tp ternyata statuanya tdk jg berubah smpe dgn jam 10 malam. Praktis lbh dari seminggi brg blm sy terima. Kalau masalah keterlambatan di batam sy bisa maklumi, krn memang bea cukai batam memperketat pengiriman dari/ke batam. Tp untuk jakarta ke gorontalo dgn penerbangan setiap hari tidak kurang dari 5 kali rasanya keterlaluan bila lbh dari 24 jam brg belum jg sampai. Benar2 mengecewakan pelayanan j&t ini. Menghubungi call centernya pun sepertinya tdk banyak membantu krn jawaban mereka hanya normatif dan itu2 saja "nanti kami bantu maksimalkan". Sungguh ini jasa pengiriman paling mengerikan yg pernah saya pakai, mending jg pake pos indonesia dari awal memang sudah siap mental barang bakal lama sampainya

    ReplyDelete
  17. Saya jg kecewa dengan j&t pengiriman paket dr jkt ke surabaya lama sekali. Gak secepat jne

    ReplyDelete
  18. Kirain saya doang ternyata banyak yg kecewa sama jnt.. dari 3 okt - sampe 9 okt paket saya blm sampe dari medan ke jkt. Hari ini di track di website barang udah di jnt pik jam 8 pagi tp sampe detik ini gak ada barang dtg.. emang pik seberapa lebar sih smpe jam sgni blm tiba juga. Ckckkck

    ReplyDelete
  19. Jasa ekpedisi yg mengecewakan....paket saya dari sudah beberapa hari tidak sampai...ditlp ke call centre jawabannya hanya paket ibu tidak terlacak...bagaimana bisa???jawaban yg sangat tidak masuk diakal.sedangan no resi sudah saya sebutkan...lain kali lebih baik menggunakan jasa ekpedisi yg pasti pasti saja.

    ReplyDelete
  20. Hahaha gue kecewa, padahal pesen dari jakarta ke jakarta,sama sama jakarta timur lagi, 2 hari gak nyampe" tuh 😂 gak mau ane pake lagi j&t

    ReplyDelete
  21. Emang parah cm BDL sm JKT aja 3 hari kaga kirim2....

    ReplyDelete
  22. Saya jga sangat kecewa..
    Orderan dei jam 3 sore sampai jam 4 lom di pick up.. Saya telpn cabangnya katanya si kurir sedang menuju tempat saya.. Setelah saya tunggu gak datang2 itu kurir.. Saya telpn lg jam 4 dan masi dengan jawaban yg sama si kurir sedang menuju tempat saya..sedangkan jarak dari cabang j&t itu ke rumah saya gak sampai 30 menit.. Saya tunggu lg sampai jam 5 masi gak datang jga tuh.. Saya telpn lg..lg lg jawabannya sama tapi yg terima telpn saya beda org.. Saya kesal donk..mau tunggu sampai jam berapa.. Saya ada janji ketemu teman jam 15.30 sampai saya batalin karna dirumah cuma ada saya sendiri saya pikir nanti si kurir datang rumah gak ada org.. Saya bicara pake nada meninggi ke org itu..saya bilang seharusnya ada kejelasan kapan paket saya di pick up.. Biasa pihak j&t setelah saya order bbrp menit kemudian telpn saya konfirmasi jam pick upnya tapi kali ini gak ada.. Jadi buat org nunggu gak jelas.. Jawaban org j&tnya itu2 lg.. Suruh saya sabar..
    Jam 6 sore si kurir cumi(cuma misscal) saya telpn balik katanya lg neduh hujan.. Saya tunggu aja deh.. Sampai jam 20.00 gak datang2..saya telpn lg,saya tanya si kurir sudah sampai mana dan katanya masi neduh..
    Jujur itu saya udah dongkol banget.. Mw cancel aja tapi udah tanggung..jdi saya tunggu lg sampai ketiduran.. Haha
    Pas saya bangun sekitar jam 21.53 gileeee... Gak ada kabarnya itu kurir.. Saya telpn katanya masi neduh, nanti hujan brenti lgsg pick up paket saya katanya..
    Udah jam segitu mw tunggu apa lg kn saya pikir.. Udah capek nunggu juga.. Udahlah saya tinggal tidur aja..
    Besoknya saya cancel lgsg itu orderan saya..
    Saya kapok pake jasanya j&t..gak akan lg saya pake.. Sangat mengecewakan menurut saya.. Seharusnya gak buat orang nunggu gak jelas kelamaan.. Klo emang gak bisa hari itu dipick up kasi tau..

    ReplyDelete
  23. saya juga kecewa banget sama pelayanan J&T. pengiriman dari cakung ke pondok gede dari tanggal 4-11 november nggak nyampe2. cek resi, tgl 6 sudah di jati kramat. jati kramat ke pondok gede hanya 10 menit. setiap di telfon ke j&T jawabannya "sedang ditangani"

    MENGECEWAKAN!!!

    ReplyDelete
  24. Sama,saya jg ngga habis pikir barang saya bisa di hold di gateway selama 2 hari, padahal dalam waktu 2 hari mungkin sudah sampai di customer nya.Ngapain ya lama2 di gateway? Daripada ditimbun, knpa ngga dijalanin, lagian cuma bandung-solo. Dari tgl 9 sampai hari ini status masih di gateway Bandung. Duh ingin ku berkata kasar ��

    ReplyDelete
  25. Saya dh 2X pake j&t yg pertama 6hri smpai, yg ke 2 dh hari ke 5 barang blom smpai. Biayanya sm dgn jne tp di jne 2-3 hri dh smpai. Utk ke depan saya g mau lagi pake jasa j&t bikin kesal

    ReplyDelete
  26. Sy juga kecewa & kapok pake j&t.. Belanja online dr bandung ke bekasi, status di pick up kurir tgl 8 nov 18.30, kmd sampai di bekasi gateway 9 nov 05.03, jam 12.04 di kirim ke jatikramat gateway. Tp anehnya jam 13.52 di kirim balik lg ke bekasi gateway. Sampai tgl 10 nov sore status blm berubah jg.. Telp call center jwbnnya gak ksh solusi sama skali.. Krn sy sempet liat review gak bener, sy lgsg punya firasat paket sy gakan sampai (telat baca reviewnya, stelah brg di kirim). Akhirnya sy telp suami bwt cari paket sy.. Di cari ke bekasi gateway (ada di jt.waringin), katanya sdh di kirim ke jt.kramat, akhirnya di cari ke jt.kramat & betul paket sy ada disana.. Di tanya knp blm di kirim, jwbn petugasnya "paket sempat di kirim tp alamat tdk ketemu", pdhl ada no hp sy tertera disana & sama skali tdk ada telp atau sms yg masuk dr j&t.. Baru ini sy pake expedisi hrs cari2 & jemput sendiri barangnya, pdhl harga jne reguler saat itu lbh murah di banding j&t reguler.. Udh begitu status terakhir di web j&t bohong besar, tertera paket di kirim sprinter heru wahyu & di terima oleh sy.. Pdhl jelas2 suami sy yg cari2 & ambil paketnya, dlm keadaan hujan pula.. Sy bs jamin ini adalah yg pertama & terakhir kali sy pakai j&t!!

    ReplyDelete
  27. Sang at mengecewakan paketan saya sampai sekarang belum nyampek

    ReplyDelete
  28. Sang at mengecewakan paketan saya sampai sekarang belum nyampek

    ReplyDelete
  29. Aku juga kecawa, dr tanggal 04 nov 2017 hingga aku menulis ini, 16 nov 2017, barang yg aku pesan blm juga sampai.

    ReplyDelete
  30. Sangat kecewa dengan jnt paket dari tanggal 8 hingga 28 november tidak kunjung datang, setelah cek di toko malah dikembalikan di toko
    Baru sekali pake jasa ini sudah dikecewakan

    ReplyDelete
  31. yaps saya sendiri juga merasa kecewa dengan kecepatan pegiriman j&t. Dikarenakan lamanya jangka waktu pengiriman. Saya adalah salahsatu pedagang sekaligus pembeli di online shop. Biasanya menggunakan JNE sebagai kurir utamanya. Tp bbrp hari belakangan ini saya menggunakan J&T dikarenakan yg katanya lebih baik dari JNE. Namun, untuk kecepatan pengiriman, sbg contoh dr jakarta-malang. JNE 2 hari sudah bisa sampai malang. Sedangkan J&T 4 hari baru bisa sampai malang. Itu adalah tipe reguler loh ya. Bila ditelisik dari trackingnya, JNE terlihat cepat dalam melakukan pegiriman, paket saya selalu terupdate lokasinya bahkan jam malam pun. Berbeda dengan J&T yg cenderung menunggu keesokan harinya kembali apabila paket sudah sampai di gateaway suatonkota dan akan dikirmkan kembali esoknya.

    ReplyDelete
  32. Parah J&T emang, kapok ane gan pake J&T Ancol ke Mangga Dua bisa 9 jem padahal di Sprinter Jam 11.00 ... doain ajah lah biar bangkrut ,Pelayanannya jauh banget sama JNE..

    ReplyDelete
  33. Memang nih j&t paling lama.... harga mahal gk sesuai sama pelayanannya, pesanan lama, harus proses ini itu, nunggunya hampir seminggu.... Kapok gw pakek jasa layanan kyk gini lagi >:(

    ReplyDelete
  34. ane beli barang dari pekanbaru tujuannya surabaya, malah ampir 4hari ngedon di pekanbaru gak dikekuarin dari tempatnya, langsung dah ane call seller untuk tegur pihak pekan baru, alamat nih barang bisa 2minggu nyampenya

    ReplyDelete
  35. Percayalah yang kalian semua maki-maki juga manusia, pekerja, punya hati, pengantaran bukan satu tempat aja, punya keluarga juga, setiap harinya mendapat makian dan termasuk dalam pelecahan juga. Komplen boleh tapi jangan pakai kata kata kasar

    ReplyDelete
  36. Percayalah yang kalian semua maki-maki juga manusia, pekerja, punya hati, pengantaran bukan satu tempat aja, punya keluarga juga, setiap harinya mendapat makian dan termasuk dalam pelecahan juga. Komplen boleh tapi jangan pakai kata kata kasar

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kan mereka kerja mbak/mas, pelanggan gk akan maki, ngeluarin kata2 kotor klo kinerjanya bagus.. Kalo 1 2 org yg gtu mah gkpapa, tpi ini banyak..mereka kan perusahaan harusnya bisa koordinir,ada manajemen yg ngatur, terlebih lagi mereka bergerak dibidang jasa, kepuasan pelanggan no 1 lah,gimana sih, jangan terlalu baik jadi org, kita udh bayar kewajiban kita yaitu bayar ongkir kita wajib dong nerima hak kita barang dikirim cepat, kasih pelayanan ok..

      Delete
  37. Iya mba kita juga percaya semua manusia juga pasti punya salah dan pengiriman tidak 1 atau 2 ttp ribuan, tp bisakah minimal komplain dr bbrp customer lgsg d perbaiki kinerjanya, mreka punya managemen, harusnya pekerja d training. Punya standar prosedur kerja, harusnya dipatuhi bukan asal antar barang sesukanya. Minimal jika prosedur kerja berjlan dgn baik tidak akan ada komplain yg sama berulang" kali. Tp saya penasaran makian d bagian manakah yg menyebutkan bahwa komplain kami melecehkan?

    ReplyDelete
  38. Barang saya rusak total . Padahal dari pengiriman mutlak kesalahan j&t dan tidak baca note yg saya kasih. Packing di bawah standar dan tidak mengikuti prosedur kerja dg baik. Barang saya yg dikirim elektronik dan pecah belah, kpda pengirim tdk tawarkan asuransi nya, dan penawaran repack stlah pengirim bilang oke. Tapi tidak di repack. Kurir tidak baca juga note dr saya .taruh paket dilempar kedalam garasi rumah yg jelas terkunci, dimasukan lewat lubang" pagar. Dan posisi paket pun jauh dari pagar tsb. Otomatis dilempar.lalu bagaimana paket itu bisa masuk dan posisinya jauh dr pagar garasi. Tidak ada juga stiker fragille dipaket, padahal tau barang pecah belah. Jnt hanya menyalahkan pengirim yg jelas" pengirim sudah acc saat repack. Klaim ganti rugi hanya 10x ongkir, jauh dr harga barang yg saya beli . Keterlaluan.

    ReplyDelete
  39. baru pertama kali pake j&t, beli barang online dari batam ke jkt, status dari tanggal 14 sampe sekarang masih di bth gateway aja udah 8 hari ngendon di batam ngomongnya overload pengiriman wkwkwk cepatlah kau bangkrutttt

    ReplyDelete
  40. J&T tutup aja deh kalo gak mampu upgrade dan mengembangkan layanannya...lelet banget kinerjanya/ servicenya jelek

    ReplyDelete
  41. Iya lama banget pake j&t,padahal saya masih di daerah Jakarta saya biasa pake jne biasanya sesudah saya pesan barang 2 hari kemudian udah dateng dan ini udah 3 hari belum ada perkembangan

    ReplyDelete
  42. Sangat...sangat...sangat mengecewakan. Bayangin aja, saya ngirim di wilayah dalam kota, estimasi sampainya barang bisa sampai 1 Minggu. Lah kalo butuh kan repot.

    ReplyDelete
  43. Jika ditelaah kembali, semua amarah dan emosi negatif diatas adalah hasil dari terlalu mudah mempercayai orang lain.

    Kalian semua terlalu mudah mempercayai semua jenis jasa ekspedisi dengan segala janjinya (besok sampai, murah dan cepat, terjamin, dll). Memang benar seharusnya mereka melakukan usaha maksimal agar jasa mereka selalu dipandang baik oleh pelanggan. Tapi apakah kita sebagai pelanggan sudah hilang akal pikirannya hingga terlalu mudah mempercayai mereka?
    Bagaimana jika barang anda dibuang? Bagaimana jika resi anda tidak diinput dan agen pengirim tiba tiba kabur menutup outlet nya? Tentu resi anda yang cuma lembaran copy tidak akan banyak membantu atau menjadi bukti kepolisian atas laporan kehilangan.

    Jika memang sudah mempercayai orang lain, sewajarnya sudah menyiapkan otak dan hati apabila terjadi kemungkinan terburuk barang hilang atau terlambat sampai meskipun anda sudah bayar sesuai ketentuan. Anda sudah bayar bukan berarti anda menjadi bos bagi mereka, anda hanyalah seorang partner. Penjual dan pembeli selalu berada pada kasta yang sama yang saling menghormati.

    Ingat ingat hal berikut :
    - ingin pekerjaan sempurna, maka kerjakan sendiri
    - jangan pernah mempercayai orang lain
    - penjual dan pembeli itu partner, bukan bos dan pembantu
    - kejiwaan yang sehat dan otak yang berpendidikan akan menghasilkan tulisan yang baik. Begitupun sebaliknya

    ReplyDelete
  44. Saran ya mba, mending kalo mau ngirim makanan lewat kantor pos aja, tracking nya juga ada kok, kalo jnt memang lama banget, aku juga ngalami nya juga sih, smnjak itu aku beralih ke kantor pos , emg agak mahal sedikit aja tp mahal nya, tp yg penting puas hehehe

    ReplyDelete
  45. j&t adalah jasa pengiriman paling biadab yang pernah saya rasa. nomor kantor cabangnya tidak bisa dihubungi sementara barang gak sampai-sampai. menurut saya sih jasa pengiriman ini mending tutup ajalah daripada merugikan banyak pihak dan gak bisa berbenah. terimakasih penulis telah berbagi kekecewaannya yang ternyata banyak dialami oleh orang-orang.

    ReplyDelete
  46. jangan kan di medan ini lho saya sama2 dari lampung kirim dari bandarlampung ke lampung tengah udah 3 harian belum nyampe kan aneh padahal perjalanan gak nyampe 4 jam preet sudah jnt bandarlampung

    ReplyDelete
  47. EMANG BENER J&T MENDINGAN TUTUP AJA PARAAAH!!! call center tidak bisa di hubungi semua nomer pengadian ga ada yang angkat parah. PAKE NYANGKUT DI SURABAYA 7 HARI CKCKCKCKCKCK NGERI BANGET J&T. udah ga usah di PAKE LAGI!!!

    ReplyDelete
  48. Paket harusnya dikirim ke Karanganyar yang di Indramayu Jawabarat, malah nyasar ke Karanganyar Jawa Tengah.

    ReplyDelete
  49. mending pke JNE lah, klu jne CS gampang di hubungi, bisa komplen di sosial media JNE, pengiriman juga cepet, kalau pas lg lambat pasti paket tetep sampe, gk kaya J&T paket lambat eh tau-tau hilang di jalan, Gk bisa komplen di sosialmedia J&T harus pke telepon, dan itu pun pasti gk cukup sekali teleponnya.

    ReplyDelete
  50. Klo persoalan pengiriman barang mau versi apapun "maaf" atas keterlambatan operator /pun kurir.. saya menganggap wajar saja...pemesanan nya lebih dari overload plus kemacetan dimana peradaban zaman semakin pesat & signifikan...

    ReplyDelete
  51. Pengalaman saya baru baru ini menggunakan J&T juga sangat mengecewakan, atau boleh dibilang MERUGIKAN Konsumen, jadi begini Pada hari Senin 10 September 2018 staf saya mengirim passport dari Jalan Ampera Jakarta ke Pemalang, dengan nomor resi: 888081334234, dan dijanjikan bahwa kiriman akan sampai maksimal 4 hari. Saya selalu melakukan tracking terhadap kiriman tersebut. Keanehan terjadi saat dari tanggal 12 September 2018, paket atau dokumen tersebut nyangkut di Semarang dan sampai surat ini saya tulis paket tersebut masih di Semarang.

    Saya coba cek ke call centre di 021-8066 1888 dan selalu dijawab manis bahwa masih di gudang Semarang dari tanggal 12 September 2018 (tapi kenapa sampai berhari hari) –gambar terlampir, saya sudah memberitahukan bahwa saya harus menggunakan passport tersebut untuk acara kantor di Singapore hari Minggu dan sudah ada tiket pesawat dan hotel yang saya harus mengganti secara pribadi bila gagal berangkat.

    Ibu saya juga memberitahu bahwa kalau kirim paket jangan pakai J&T karena selalu telat dan hanya bagus di iklan saja. Saya menganggap ini pembohongan publik ya, karena kenyataannya jauh lebih buruk. Saya hanya menyayangkan kenapa jawabannya selalu tidak jelas. Kapan dikirim dari gudang Semarang dan hanya mengatakan kalau J&T tidak bisa memastikan kapan paket dikirim dan selalu meminta maaf atas keterlambatannya (tapi tiket pesawat dan biaya hotel bagaimana kalau sampai terlambat?).

    Kantor menyarankan untuk melakukan somasi lewat departemen legal di kantor bila sampai passport belum datang juga sampai besok, dan saya tidak bisa berangkat hari Minggu (16 September 2018). Jalan ini mungkin saya akan tempuh karena biaya yang harus saya ganti tidak sedikit.

    Demikian surat ini saya tulis, mohon pembaca tidak tergoda dengan iklan yang katanya kirim cepat dan express , dan bisa di-tracking kapanpun, nyatanya kiriman saya tidak jelas bagaimana, dan kapan dikirim.

    Terima kasih.

    ReplyDelete
  52. Dear J & T Team,

    Bersama Surat ini, kami ingin menyampaikan terimakasih yang mendalam , paket kami dengan nomor resi : 888 081 334 234 , sudah kami terima dengan baik, dan perjalanan kami ke singapore terselamatkan.

    sekali lagi terimakasih atas Kerja Keras Team J & T yang dengan sabar mengangani keluhan kami, juga team J & T pemalang yang membantu juga dengan melakukan konfirmasi paket kami ke gudang semarang dan jakarta, sekali lagi terimakasih.

    Terimakasih

    Yulhayati

    ReplyDelete
  53. Hahaha wahan* parah skali emg ... Kurir padahal tau alamat tpi kok barang disuruh ktmuan aja .. Katanya bawa" barang berat" * aneh ya padahal ane bayar jga kok sampe males gitu kurirnya .ad yg snasib ga kurir males ke rumah ??

    ReplyDelete
  54. Memang pengiriman j&t lama banget,padahal barang udah sampai di kota tujuan dan tinggal antar aja,eh ini malah paket saya dibawa ke tempat lain lagi.piyee toh?situ mau anterin paket konsumen,atau mau jalan" dl?harusnya paket udah bisa sampai hari ini.gara" pengiriman yg lelet ini,ga tau deh mesti nunggu sampai brp hari.terakhir kali pakai nih ekspedisi..kapok

    ReplyDelete
  55. Percayalah jika kurir punya hati, punya keluarga dia tidak akan mencuri barang saya. Masa barang saya di tulis sudah diterima pdhl belum? Saat di datangi cabangjya tkdak ada yg bertanggung jawab. Di telpon no kurirnya pun gak aktif, sebiat itukah mencuri barang saya?

    ReplyDelete
  56. Hadeuuh j&t gimana Sih.....Barang Saya Belum Diterima Sama Saya Tapi Di Resinya Katanya Udah Diterima....

    ReplyDelete
  57. pengalaman pakai j&t dari jakarta ke depok. proses barang kirim dr jakarta ke depok cm butuh waktu sehari. tapi dr depok ke alamat tujuan yg sama2 didepok butuh waktu yg lebih lama

    ReplyDelete
  58. This comment has been removed by the author.

    ReplyDelete
  59. TERUNTUK PENJUAL OLSHOP & EKSPEDISI J&T : Pertama kali pakai jasa layanan J&T, waktu itu Olshop gk ngegunain ekspedisi lain selain J&T, Ninja, wahana,sama MEX, yg nggak familiar utk saya, cek dn ricek review J&T wktu thn 2017 bgitu Positif, yaudah saya coba, dan mmg benar dr jakarta ke kota saya skitar 4 harian sampai, gpp lah walopun biasanya pake JNE Regular gk pernah lewat dr 3 hari. Bulan2 berikutnya, dikirimin HP, masih dlm satu provinsi, udh lebih dr satu minggu, saya dikonfirm sm yg kirim hp, saya blg blm sampai, saya tanya "mmg kirimnya pakai apa?", dijawablah J&T, yaudah, saya lgsung pergi ke office J&T, jam siang, masih inget di sana ada bapak2 yg lg marah sm cs gara2 barangnya gk ada pergerakan sudah lebih dr 3 hari, means update info. Dan saya jg sedikit kesel ternyata barang saya jg sudah lama digudang tp gk ada yg ngantar, semenjak saat itu, saya kapok menggunakan layanan J&T lg, jika belanja olshop cuma menggunakan ekspedisi J&T doang, saya lebih milih belanja di lapak lain. Karna mmg faktanya selama bertahun2 ngegunain JNE blm pernah ngalemin pengalaman bad seperti saya yg baru coba2 menggunakan layanan J&T.
    Lagian JNE saat ini semakin berbenah, terasa di thn 2018 layanan JNE Ok bener2 rasa reguler, dgn waktu pengiriman sampai barang tiba di rumah saya, hanya dgn waktu tiga hari, reguler dua hari, untuk barang yg nggak terlalu urgent, terima kasih utk lapak ataupun Olshop yang menyediakan layananan ekspedisi JNE OK, selain murah, utk kota saya dr jakarta bisa 25k an, reguler 30k, yess 35k.Dan itu solusi bgt kalo belanja dlm jumlah berat yg gk sedikit.
    Cuma sharing pengalaman sebagai pelanggan baru yg kapok bgt ngemilih ekspedisi itu lg.
    Teruntuk para kurir yg bertahun2 setia amanah menyampaikan barang2 kami hingga sampai ditangan pelanggan yang menunggu dgn sikap kadang dgn ketidak sabaran, terima kasih, selain mendapatkan bayaran berupa gaji, kalian jg memiliki jasa yg luar biasa.

    ReplyDelete
  60. Saya pernah sekali pakai jasa kurir yg sama, dulu kurirnya pernah wa saya dan bingung nyari alamat saya. Trus saya bingung kalau sampai tidak ketemu gmn ya, karena rumah saya sulit dicari dan jauh dari gang jalan raya. Tetapi pengiriman sampai dan diterima nenek saya. Kedua kalinya saya pesen masker organik lewat kurir yg sama juga lewat aplikasi jual beli online, di status aplikasi online ini dikatakan bahwa kiriman sudah sampai tapi tidak ada yg menerima. Memang hari itu tidak ada orang dirumah. Tetapi saya cari pun tidak ditinggalkan didepan rumah atau ke tetangga saya. Padahal pengiriman cukup dekat hanya daro sragen-boyolali. Namun, sampai sekarang paket saya belum sampai dan belum saya terima.

    ReplyDelete
  61. terima kasih info paket ini
    begitu bermanfaat dan dapat di andalkan.
    jika memerlukan paket khusus dengan pesawat
    kami jagonya yang paling murah dan paling cepat sampai lokasi pemesan
    silahkan kunjungi web nya ya gaess
    ---------------------------
    juaranya lion parcel
    ---------------------------
    lion parcel wilayah solo
    ---------------------------
    kirim via pesawat solo
    ---------------------------
    lion parcel terdekat
    ---------------------------
    lion parcel termurah
    ---------------------------
    paket kirim sampai jam 11 malam
    ---------------------------



    thanks

    ReplyDelete
  62. terima kasih info paket ini
    begitu bermanfaat dan dapat di andalkan.
    jika memerlukan paket khusus dengan pesawat
    kami jagonya yang paling murah dan paling cepat sampai lokasi pemesan
    silahkan kunjungi web nya ya gaess
    ---------------------------
    juaranya lion parcel
    ---------------------------
    lion parcel wilayah solo
    ---------------------------
    kirim via pesawat solo
    ---------------------------
    lion parcel terdekat
    ---------------------------
    lion parcel termurah
    ---------------------------
    paket kirim sampai jam 11 malam
    ---------------------------



    thanks

    ReplyDelete
  63. Aduh Gmna lh barang saya belum sampe2 udah 4 hari dari Jakarta ke bandar Lampung kn gk sampe 4hari barang saya udah diterima dikurir ko belum diantar sih tolong dong

    ReplyDelete
  64. Jnt emang lama wak mending pake sicepat dari Medan ke bdg paket saya blm nyampe2 udh seminggu kwkwkwkwk

    ReplyDelete
  65. Paddy Power Casino - Las Vegas, NV - MapYRO
    Address: 7015 제주도 출장샵 S. Las 문경 출장마사지 Vegas Blvd, Las Vegas, NV 인천광역 출장샵 89109, United States. Address: 당진 출장안마 777 Casino Dr, Las Vegas, NV 89109 Phone: 702.226.4711. 목포 출장안마

    ReplyDelete

review jasa pengiriman (ekspedisi) J&T Express

Dear J&T Express...... ini adalah review kekecewaan customer terhadap pelayanan jasa pengiriman kurir J&T. 1. Pengalaman merasak...